Rabu, 27 Oktober 2010

Sistem Informasi Berbasis Komputer

Istilah sistem merupakan istilah dari bahasa yunani “system” yang artinya adalah himpunan bagian atau unsur yang saling berhubungan secara teratur untuk mencapai tujuan bersama.
Pengertian sistem menurut sejumlah para ahli :

1. L. James Havery
Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

2. John Mc Manama
Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.

3. C.W. Churchman.
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.

4. J.C. Hinggins
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.

5. Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Menurutnya sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.


Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan yang berhubungan dengan komputer, seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CR-ROM. Komputer adalah mesin serba guna yang dapat dikontrol dan diprogram, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer hingga komputer dapat melakukan tugasnya sesuai yang dikehendaki oleh pembuat program. Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka atau huruf atau simbol, sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.



2.1 PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Telah diketahui bahwa teknologi informasi mencakup teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Lebih rinci, teknologi informasi dapat dikelompokan menjadi 6 teknologi, yakni teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpanan, dan teknologi mesin pemroses.

Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi atau biasa juga disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telepon, radio dan televisi.

Teknologi Masukan
Teknologi masukan (input technology) adalah teknologi yang berhubungandengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Piranti masukanyang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa keyboard dan mouse.

Teknologi Mesin Pemroses
Mesin Pemroses (processing machine) lebih dikenal dengan sebutan CPU(Central Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor. Contoh prosesor yang terkenal saat ini, antara lain adalah Pentium dan PowerPC

Teknologi Penyimpanan

Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan penyimpanan eksternal. Memori internal (biasa juga disebut main memory atau memori utama) berfungsisebagai pengikat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Dua contoh memori internal yaitu ROM dan RAM. ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca, sedangkan RAM (Read Access Memory) adalah memori yang isinya bisa diperbaharui

Penyimpanan eksternal (external storage) dikenal juga dengan sebutan penyimpanan sekunder. Penyimpanan external adalah segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Pengertian permanen disini berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpanan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipunkomputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik). Harddisk dan disket juga flashdisk adalah contoh penyimpanan eksternal.

Teknologi Keluaran
Teknologi keluaran (output technology) adalah teknologi yang berhubungandengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahansistem.Layar dan monitor dan printer merupakan piranti yang biasa digunakan sebagaipiranti keluaran.

Teknologi Perangkat Lunak
Perangkat lunak (software) atau dikenal juga dengan sebutan program. Tentu saja untuk mengerjakan tugas komputer, diperlukan perangkat lunak sendiri. Sebagai contoh Microsoft Word merupakan contoh perangkat lunak pengolah kata yang berguna untuk membuat dokumen, sedangkan Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengolah gambar.

2.2 KOMPONEN  SISTEM  TEKNOLOGI  INFORMASI
Yang dimaksud dengan sistem teknologi informasi adalah sistem yang terbentuksehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Suatu sistem teknologi informasipada dasarnya tidak hanya mencakup hal-hal yang bersifat fisik, seperti komputer danprinter, tetapi juga mencakup hal-hal yang tidak terlihat secara fisik, yaitu piranti lunak dan yang lebih penting lagi adalah orang. Dengan kata lain, komponen utama system teknologi informasi adalah berupa :
(1). Perangkat keras (hardware)
(2). Perangkat lunak (software)
(3). Orang (brainware)


2.3 KLASIFIKASI SISTEM TEKNOLOGI  INFORMASI
Sistem teknologi informasi dapat dibedakan dengan berbagai cara pengklasifikasian. Misalnya, menurut fungsi sistem (embedded IT System, dedicated ITsystem, dan general purpose IT system), menurut departemen atau perusahaan bisnis (sistem informasi akuntansi, sistem informasi pemasaran, sistem informasi produksi, dll),menurut dukungan terhadap level manajemen dalam perusahaan (sistem pemrosesan transaksi, sistem pendukung keputusan, dan sistem informasi eksekutif), menurut ukuran dan menurut cara melayani permintaan (klien-server).

2.3.1 Menurut Fungsi Sistem
Berdasarkan fungsi yang diemban sistem, sistem teknologi informasi dapatdibedakan menjadi sistem teknologi informasi yang melekat (embedded IT system),sistem teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system, dan sistem teknologi informasi serbaguna (purpose IT System).

Embedded IT System
Embedded IT system adalah sistem teknologi informasi yang melekat padaproduk lain. Sebagai contoh, sistem VCR (Video Casette Recorder) memiliki sistemteknologi informasi yang memungkinkan pemakai dapat merekam tayangan televisi.Adapun sistem teknologi informasi pada lift dapat digunakan untuk mengendalikangerakan lift dalam gedung pencakar langit. Misalnya, lift tertentu tidak bisa digunakan untuk lantai 2 sampai dengan 7 pada jam antara 07.00 sampai dengan jam 09.00.

Dedicated IT system
Dedicated IT system adalah sistem teknologi informasi yang dirancang untukmelakukan tugas-tugas khusus. Sebagai contoh adalah ATM (Anjungan Tunai Mandiri)dirancang secara khusus untuk melakukan transaksi keuangan bagi nasabah bank. Tentu saja sistem seperti ini tidak bisa dipakai untuk melakukan tugas-tugas seperti mengetik dokumen.


General Purpose IT System
General purpose IT system adalah sistem teknologi informasi yang dapatdigunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum. Contohnya adalah Personal Computer (PC), yang merupakan peralatan yang dipakai di rumah atauperkantoran untuk mencatat pengeluaran, melakukan perhitungan statistik, membuat dokumen ataupun untuk belajar.

KONSEP DASAR MANAJEMEN INFORMASI

Pendahuluan
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya lain, dan perhatian pada topik ini bersumber pada dua pengaruh. Pertama, bisnis yang menjadi semakin kompleks, dan kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.

POKOK BAHASAN
Yang akan dibahas pada pertemuan ini adalah :
- Manajemen Informasi
- CBIS (Computer Based Information System)
- EUC (End User Computing)

MANAJEMEN INFORMASI
Definisi:
Seluruh aktivitas memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat.
Manager mengelola lima jenis utama sumber daya, yaitu:
1. Manusia
2. Material
3. Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
4. Uang
5. Informasi (termasuk data)

Faktor-faktor Penyebab Peningkatan pada Bidang Manajemen Informasi
1. Kompleksitas Kegiatan Bisnis Yg Meningkat
a. Pengaruh Ekonomi Internasional
b. Persaingan Dunia
c. Kompleksitas Teknologi Yg Meningkat
d. Batas Waktu yang Singkat
e. Kendala-kendala Sosial
2. Kemampuan Komputer Yg Semakin Baik

C B I S
- Manager membuat keputusan untuk memecahkan masalah, dan informasi digunakan dlm membuat keputusan. Porsi komputer dalam pengolah informasi terdiri dari tiap area aplikasi yang berbasis komputer :
– SIA (Sistem Informasi Akuntansi),
– SIM (Sistem Informasi Manajemen),
– DSS (Sistem Pengambilan Keputusan),
– OA (Otomatisasi Kantor), dan
– ES (Sistem Pakar).
- Istilah sistem informasi berbasis komputer (CBIS), kita gunakan untuk mengambarkan lima subsistem yang menggunakan komputer.

Spesialis Informasi
Istilah spesialis informasi digunakan untuk menggambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer, yg terdiri dari :
- Analis Sistem
- Pengelola Database
- Spesialis Jaringan
- Pemakai
- Programmer
- Operator
- Komputer

Peran Spesialis Informasi dalam EUC
- Spesialisasi & user bersama-sama mengembangkan sistem
- Spesialisasi informasi akan melaksanakan peran konsultasi

End User Computing (EUC)

Definisi EUC :
UEC adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis kompute oleh pemakai (user).

EUC berkembang karena 4 (empat) alasan :
1. Meningkatnya Pengetahuan tentang Komputer.
2. Antrian Jasa Informasi.
3. Perangkat Keras yang Murah.
4. Perangkat Lunak Jadi.

End User dikelompokkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan komputer yang dimiliki yaitu:
1. Pemakai akhir tingkat menu
2. Pemakai akhir tingkat perintah
3. Pemakai akhir tingkat programmer
4. Personil pendukung fungsional

Manfaat EUC :
– Pemindahan beban kerja
– Mengurangi kesenjangan komunikasi antar user dan spesialisasi informasi

Resiko EUC
- Sistem yang buruk sasarannya
- Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya
- Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
- Hilangnya integrasi data
- Hilangnya keamanan
- Hilangnya pengendalian

Mencapai CBIS
Dalam beberapa hal, tiap subsistem dari CBIS menyerupai suatu organisme hipup-lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses evolusioner ini disebut siklus kehidupan sistem (system life cycle – SLC), yang terdiri dari tahapan-tahapan:
– Perencanaan
– Analisis
– Rancangan
– Penerapan
– Penggunaan

Penerapan CBIS
- Yang mengelola CBIS adalah manajer dari unit organisasional dimana komputer tersebut diterapkan.
- Manajer yang merencanakan siklus hidup dan mengatur spesialis informasi yang terlibat.








Sumber didapat dari;

1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site Review - Lucky Club Lucky Club
    Find out the Lucky Club Casino site review with our expert rating. Learn all about how to login to Lucky luckyclub Club and get a free bonus.How does Lucky Club work?How does Lucky Club work?

    BalasHapus